RSUD Tugurejo Perangi Jentik Nyamuk

jentik nyamuk photo jentik_zpstivjlsic.jpg

Serentak Perangi Jentik di RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah!!!
Permasalahan DBD sangat kompleks yang menyangkut berbagai aspek sehingga memerlukan penanganan multi sektor baik pemerintah, swasta, LSM maupun masyarakat. Penyakit ini sampai saat ini belum ada vaksinnya dan belum ada pengobatan yang spesifik, karena itu maka upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi kasus DBD adalah meningkatkan upaya pencegahan (promotif dan preventif).
Mengingat hal tersebut diatas maka Promosi Kesehatan RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah melakukan upaya promotif dengan melakukan pencegahan DBD dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan yang dilakukan pada bulan Januari ini melakukan kegiatan membersihkan jentik- jentik nyamuk secara serentak yang dilakukan oleh karyawan- karyawati RSUD Tugurejo untuk mewujudkan Rumah Sakit Bebas Jentik dan dalam rangka mendukung kegiatan Provinsi Jawa Tengah. Cara ini dirasakan efektif karena dilakukan secara serentak sehingga karyawan dan karyawati bersemangat dalam membersihkan ruangannya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan upaya PHBS dan pencegahan penyakit DBD di tatanan tempat umum dan tempat kerja.
Kegiatan ini diisi dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). PSN adalah upaya untuk mengurangi jumlah nyamuk dengan melakukan pemberantasan jentiknya. Karena fogging yang selama ini dilakukan tidak bisa membunuh semua nyamuk dewasa yang ada sedangkan satu nyamuk bisa bertelur sebanyak 100 buah. Bisa dibayangkan jika kita tidak melakukan pemberantasan sarang nyamuk, maka populasi nyamuk jumlahnya bisa semakin bertambah banyak. Tempat perindukannya/sarang nyamuk aedes aegypti adalah genangan air jernih yang tidak kena tanah (bersinggungan tanah) dimana jumlah sarang nyamuk ini meningkat pada saat musim hujan. Perkembangan hidup nyamuk dari telur menjadi nyamuk dewasa sekitar 10-12 hari.
PSN yang dilakukan secara serentak oleh karyawan-karyawati di setiap unit kerja dengan membersihkan genangan air, sumber air, mendokumentasikan dengan memfoto dan membuat video tentang kegiatan yang dilakukan. Sebagai wujud kepedulian dalam pemberantasan sarang nyamuk dan sudah menjadi budaya kerja di lingkungan RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah

JADI MARI BERSAMA-SAMA MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BERSIH AGAR TERCIPTA KOTA YANG SEHAT DAN WARGA YANG SEHAT DAN PRODUKTIF

 

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menikmati Blog ini ? Silahkan Sebarkan Berita ini !