Hidup CERDIK, Turunkan Risiko PJK

Sahabat sehat,

Problem penyakit jantung koroner sampai saat ini masih menjadi penyebab mortalitas tertinggi di Indonesia, terutama akibat serangan jantung. Di Amerika setiap tahun terdapat lebih dari 700 ribu kematian akibat serangan jantung, dan 200 ribu diantaranya adalah serangan kedua atau lebih.

Maka usaha-usaha preventif dan promotif harus selalu ditingkatkan untuk menurunkan risiko PJK.

Slogan “CERDIK” yang beberapa kali digaungkan oleh Kementrian Kesehatan dapat dipakai sebagai panduan untuk hidup lebih sehat.

C : Cek Kesehatan Secara Berkala

Pemeriksaan kesehatan secara berkala akan dapat mendeteksi penyakit darah tinggi, kencing manis, obesitas, dan kolesterol. Pemeriksaan tekanan darah, berat badan, dan laboratorium rutin berkala perlu dilakukan unuk mendeteksi dan menangani secara lebih dini.

  1.  

E : Enyahkan Asap Rokok

Stop merokok, dan hindari asap rokok, karena perokok aktif maupun pasif memiliki risiko besar terkena penyakit akiba rokok, salah satunya PJK.

R : Rajin Beraktivitas Fisik

Olahraga dan aktivitas teratur membuat kita semakin bugar, serta dapat mempertahankan berat badan yang ideal.

D : Diet Seimbang

Bagi penderita jantung koroner, batasi asupan lemak jenuh, serta garam. Usahakan selalu terdapat sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan gizi.

I : Istirahat Cukup

Meski menjalani kesibukan yang pada, jangan lupakan istirahat yang cukup. Tidur berkualitas selama 6-8 jam sehari akan membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

K :  Kelola Stress

Setiap manusia pasti tidak terhindar dari stress dan permasalahan, sehingga dibutuhkan upaya untuk mengelola stress sehingga tidak menjadi penyakit.

Penyakit jantung koroner dapat dicegah, dengan CERDIK kita dapat hidup lebih sehat dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Selamat beraktivitas kembali, dan jangan lupa bahagia.

 

Semarang, 29 September 2019

dr. Alvin Tonang, SpJP, FIHA