Bimtek Hospital Malnutrition

 photo Up_zpsubqimnaq.jpg

     Masalah gizi seringkali terjadi menyertai penyakit dan dapat dijumpai pada pasien yang dirawat di rumah sakit maupun pada paien rawat jalan. Masalah gizi yang sering terjadi di rumah sakit adalah protein energy malnutrition (PEM) atau kurang energi protein (KEP) dengan tanda penurunan berat badan, hilangnya massa otot dan massa lemak yang akan berlangsung kronis baik sebelum dan sesudah dirawat di rumah sakit.

Pelayanan gizi rumah sakit merupakan bagian yang sangat penting dari pelayanan kesehatan secara menyeluruh pada rumah sakit untuk mengatasi dan mencegah terjadinya malnutrisi pada pasien rawat inap dan rawat jalan. Pelayanan gizi di rumah sakit saat ini ditujukan untuk terapi gizi, dimana merupakan bagian terapi holistik pada pasien yag dirawat di rumah sakit.

      Pemenuhan dan penyediaan makanan atau diet dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi secara optimal pada pasien rawat inap memerlukan pengetahuan dan keterampilan mengenai komposisi zat gizi dan senyawa yang berkhasiat dalam makanan oral, enteral dan pareneteral serta pencampuran zat gizi, pengetahuan dan keterampilan tehnik pemberian zat gizi terutama enteral dan parenteral serta memiliki pengetahuan medis mengenai komplikasi metabolik dan saluran cerna serta harus dapat mempertimbangkan kecukupan komposisi makronutrien, mikronutrien,mineral, serat serta cairan karena pada pasien biasanya ada keterbatasan pada penerimaan, pencernaan dan penyerapan berbagai zat gizi melalui pemberian makanan oral, enteral dan parenteral.

      Oleh karena itu, berkaitan dengan adanya SK Direktur RSUD Tugurejo Semarang mengenai adanya Tim Terapi Gizi RS maka dipandang perlu adanya penyelenggaraan seminar mengenai “Hospital Malnutrition” dan Workshop “Implementasi Tim Terapi Gizi RS”. Adapun tujuannya adalah Memberikan bekal ilmu terhadap dokter dan paramedik mengenai “Hospital Malnutrition” dan “Tim Terapi Gizi RS”. Dan didukung oleh  Narasumber yang profesional seperti :

    1. Dr. dr. Hertanto, MSc. Sp.GK tentang “Overview & Importance of Multidisiplinnary Approach in Hospital Malnutrition”.

 

    1. Niken Puruhita, MSc. Sp.GK tentang “Tim Terapi Gizi & Implementasi di RS”

 

    1. Risky Ika Riani, Sp.GK tentang “Terapi Gizi pasien Malnutrisi”

 

    1. Instalasi Gizi (Ahli Gizi) tentang “Nutrition Assesment & Screenning”

 

    1. Instalasi Rekam Medis RS Dr.Kariadi Semarang tentang “ Koding Malnutrisi pada Rekam Medis”

 

  1. F, M.H tentang “Medikolegal”