Pandemi Berakhir, Prioritas Lansia Jaga Kesehatan

SEMARANGJoglo Jateng – Setelah pandemi, orang usia lanjut atau lansia perlu menjaga kesehatannya untuk kembali beraktivitas di luar rumah. Oleh karenanya, perlu beberapa langkah dan pembiasaan yang perlu dilakukan. Sehingga, lansia dapat kembali pada kondisi dan rutinitas mereka sebelum terjadi pandemi Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Tugurejo, Hersa Donantya menuturkan, pertambahan usia menyebabkan tubuh semakin rentan terhadap berbagai penyakit. Hal ini juga berlaku setelah seseorang memasuki usia senja atau lansia. “Berbagai masalah kesehatan pada lansia mungkin saja timbul,” ujarnya saat dihubungi Joglo Jateng, Kamis (4/8).

Oleh sebab itu, menurutnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh lansia agar dapat kembali kuat, pulih, dan mampu menjalani rutinitasnya. Yaitu dengan datang atau menghubungi kembali dokter untuk pemeriksaan kesehatan.

“Misalnya dari hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter ditemukan adanya kebutuhan untuk menjalani terapi. Seperti adanya gangguan motorik. Maka lansia dapat mulai menjadwalkan terapi tersebut,” katanya.

Proses terapi atau pemulihan, lanjutnya, perlu dimulai dari hal yang sedikit dan perlahan. Baru kemudian mulai meningkat dan berproses agar bisa kembali pada keadaan lansia sediakala.

“Agar lansia dapat kembali aktif dan sehat, hal yang perlu dilakukan dari rumah ialah tetap bergerak aktif.  Seperti dengan merutinkan jalan kaki di pagi dan sore hari, latihan dengan kursi,” ungkapnya.

Sementara itu, ia menerangkan, setiap upaya perbaikan, tentu pola makan yang benar dan sehat memegang peran yang sangat penting. Hal itu untuk memenuhi keterpenuhan kebutuhan protein harian.

Kemudian, menurutnya, upaya terakhir yang dapat dilakukan lansia usai pandemi ialah kembali terhubung dengan lingkungan sekitar. Yakni berfokus pada kesejahteraan mental dan psikis lansia usai pandemi.

“Lansia dapat mulai kembali berkunjung ke rekan, saudara, dan teman mereka. Jika lansia menyukai kegiatan sosial, mereka dapat mulai kembali menjalani rutinitas tersebut,” paparnya. (ziz/gih)

Visitasi PPID 2022
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RSUD TUGUREJO! KAMI BERKOMITMEN MENYEDIAKAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA WEBSITE KAMI

Skip to content