Manfaat Hipnoself untuk Tubuh, Perasaan, dan Pikiran

SEMARANGJoglo Jateng – Kondisi hypnosis adalah saat pikiran rileks, fokus, konsentratif dan sugestif. Sehingga setiap informasi yang masuk akan langsung diterima oleh pikiran bawah sadarnya.  Kemudian, diteruskan sebagai nilai baru yang akan merubah pola kehidupan lama seseorang menjadi pola baru.

Kepala Ruang Amarilis I RSUD Tugurejo, Eviwindha Suara mengatakan, self hypnosis (Hipnoself) adalah ketika seseorang menempatkan dirinya sendiri ke dalam keadaan hypnosis. “Manfaat metode ini, tubuh, pikiran, dan perasaan yang terganggu bisa mengalami kondisi self healing. Ketika kita sering melakukan hipnoself, maka apapun permasalahan yang dialami akan lebih mudah dijalani dan mengikhlaskan apapun yang terjadi,” paparnya belum lama ini.

Di samping itu, menurutnya, sebelum melakikan hipnoself, sebaiknya mengenal jenis kesadaran pikiran pada manusia. Kesadaran manusia dibagi menjadi tiga. Yaitu fikiran tidak sadar (Unconscious mind), fikiran sadar (Conscious mind), dan fikiran bawah sadar (Subconscious mind) yang merupakan penghubung di antara keduanya.

Menurutnya, hipnoself berguna untuk meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan sugesti yang ingin diterapkan. Seperti mengubah kebiasan buruk, mengatasi kecemasan atau grogi, memunculkan motivasi yang sangat kuat dan meningkatkan kepercayaan diri.

Selanjutnya, ia menerangkan, ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk praktik hipnoself. Yakni dengan mengakses fikiran bawah sadar. Hal itu dapat dilakukan dengan cara relaksasi dan menempatkan fokus internal (berfokus pada satu hal saja). Kemudian melakukan pemantapan relaksasi yang lebih dalam.

Dirinya menambahkan, dengan melakukan sugesti terhadap diri sendiri, pada tahap inilah dapat mengucapkan program anda. Keempat achor, yaitu buatlah tanda, misalnya kepalan tangah, memegang dada, tarik nafas atau tanda lainnya saat merasakan kekuatan positif.

“Terakhir kembali kekondisi normal (terminasi). Dapat berupa self termination atau dilanjutkan dengan tidur alami. Katakan dalam hati, saya akan menghitung dari 1 – 5. Pada hitungan ke 5 saya akan bangun membuka mata dalam kondisi yang sangat segar, sehat, dan positif, jelasnya.(hms/ziz)

Visitasi PPID 2022
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RSUD TUGUREJO! KAMI BERKOMITMEN MENYEDIAKAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA WEBSITE KAMI

Skip to content