Kenali Gejala Eksim agar tidak Kumat-kumatan

SEMARANGJoglo Jateng – Eksim atau alergi pada orang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Namun, dengan mengetahui penyebabnya maka gejala tersebut bisa disiasati agar tidak terjadi berulang-ulang.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Tugurejo dr. Irma Yasmin, Sp.KK, FINSDV menuturkan, eksim merupakan suatu reaksi peradangan pada kulit. Kondisi itu ditandai dengan gejala utama rasa gatal.

“Paling spesifik, gatalnya berulang dan berlangsung kronis atau kronik residif. Sembuh lalu kumat lagi. Gejala ini berlangsung dalam jangka panjang,” ujarnya kepada Joglo Jateng Kamis (3/3).

Ia memaparkan, gejala itu bisa muncul pada semua kalangan umur. Mulai bayi, remaja sampai dewasa. Penderita eksim juga sangat berkaitan dengan riwayat alergi pada keluarga. Jadi berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan.

Selain itu, menurutnya, penyebab eksim tidak bisa ditentukan secara pasti. Karena kombinasi dari genetik dan lingkungan. Selain itu, stres juga dapat memicu kambuhnya gejala alergi ini.

“Pada faktor lingkungan bisa disebabkan oleh polusi, debu, atau bulu binatang. Lalu bisa dari suhu panas atau dingin, memakai pakaian yang kasar, juga dari penggunaan sabun mandi,” terangnya.

Pada penderita eksim, lanjutnya, kulit mereka tidak seperti orang normal. Lapisan minyak pada kulit cenderung kurang. Oleh karenanya, kulit menjadi sensitif.

Karena itu, ia menyampaikan, perlu deteksi sedini mungkin. Yakni bisa dicek pada riwayat orang tua atau dari faktor lingkungan. Sehingga alergi bisa dikontrol dan dihindari.

Untuk pengobatan, dirinya menambahkan, karena kulit kering, gunakanlah pelembab yang aman. Yakni yang berbahan dasar alami dan selalu pada kondisi suhu yang nyaman. Selain itu, gunakan air dingin saat mandi dan tidak perlu lama-lama.

“Masing-masing penderita berbeda penyebabnya. Ketahui kondisi yang dapat memicu dan hindari faktor tersebut yang mengakibatkan alergi. Karena, jika terus berlanjut dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi pada kulit,” jelasnya. (ziz/gih)

Skip to content