KDS, Upaya Saling Mendukung antar ODHIV

SEMARANGJoglo Jateng – Selama ini, orang dengan HIV (ODHIV) masih mendapat stigma dan diskriminasi dari masyarakat. Oleh karenanya, perlu wadah khusus bagi mereka yang terinfeksi maupun yang terdampak untuk saling berbagi dan menguatkan satu sama lain, seperti Kelompok Dukungan Sebaya (KDS).

Dokter Erika Agustine Budi Jayanti sebagai konselor HIV RSUD Tugurejo mengutarakan, diskriminasi timbul manakala lingkungan sekitar ODHIV mengetahui status HIV. Hal itu bisa dari pasangan, keluarga dekat, atau lingkungan tempat tinggal, pekerjaan, dan pertemanan.

“Contohnya, bisa ditinggal oleh pasangan bahkan diceraikan, dari keluarga dikucilkan tidak boleh dekat-dekat dengan anggota keluarga lain, dari lingkungan sekitarnya dikucilkan bahkan menjadi bahan perbincangan atau gossip. Lalu di lingkungan pekerjaan bahkan ada yang sampai dikeluarkan dari pekerjaan,” bebernya kepada Joglo Jateng, kemarin.

Di samping itu, ada hambatan akses kesehatan bagi pengidap HIV. Menurutnya, hal itu disebabkan lebih ke kekhawatiran ODHIV sendiri. Karena mereka takut ketahuan jika berobat ke poli khusus seperti VCT.

“Bahkan mereka rela tidak mau menggunakan BPJS supaya penyakitnya tidak diketahui oleh petugas, atau orang yang berpapasan atau bertemu di puskesmas atau rumah sakit,” ungkapnya.

Menurutnya, kekhawatiran ini seringkali membuat mereka menutup diri terhadap keluarga dan lingkungan sekitar. Saat ODHIV merasa takut dengan diskriminasi yang akan didapat, mereka menjadi enggan untuk mengakses layanan kesehatan. Termasuk layanan HIV.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu edukasi untuk ODHIV. Seperti dengan sharing contoh kasus, bisa dengan nonton film bersama, diskusi, maupun tanya jawab. Kemudian setiap bulan diberikan topik pembahasan beragam. Mulai dari edukasi tentang kesehatan gizi, pengetahuan tentang obat yang mereka minum, bahkan sampai tausiyah agama.

Adapun di RSUD Tugurejo, telah ada KDS Lentera Kasih sejak 2012 lalu. Kelompok atau wadah bagi ODHIV itu bertujuan untuk mencapai mutu hidup yang lebih baik. (ziz/ern)

Visitasi PPID 2022
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RSUD TUGUREJO! KAMI BERKOMITMEN MENYEDIAKAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA WEBSITE KAMI

Skip to content