Hindari Obesitas, Perlu Pencegahan sejak Awal

SEMARANGJoglo Jateng – Obesitas dapat dialami oleh semua kelompok usia. Baik itu anak, remaja, maupun dewasa. Oleh karena itu, perlu pencegahan awal agar terhindar dari gangguan tersebut.

Dokter Gizi RSUD Tugurejo dr. Risky Ika Riani, Sp. GK menyampaiakan, menurut data WHO pada 2016, lebih dari 1,9 milyar orang usia diatas 18 tahun mengalami berat badan berlebih. 650 juta di antaranya mengalami obesitas.

“Di Indonesia, hasil Riskesdas (riset kesehatan dasar, red) 2007-2018 menunjukkan kecenderungan meningkat. Yaitu 10.5% (2007), 14,8% (2013) dan 21,8% (2018). Namun, pada 2018 didapati perempuan lebih banyak dibanding laki-laki,” ungkapnya saat dihubungi Joglo Jateng, Kamis (10/2).

Sementara obesitas, lanjutnya,  merupakan penumpukan lemak yang berlebihan. Selain itu juga sebagai suatu kelainan atau penyakit, yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemak di tubuh secara berlebihan.

Ia menjelaskan, diagnosa obesitas pada orang dewasa dapat diukur dengan menghitung indeks masa (IMT). Yakni berat badan (kg) dibagi tinggi badan kuadrat (meter). Bila hasilnya lebih dari 25kg/m2, maka dikatakan obesitas.

Selain itu, menurutnya, tanda dan gejala obesitas beragam. Seperti sesak nafas, nyeri punggung, mendengkur, sakit lutut dan menstruasi tidak teratur.

Adapun tips untuk menghindari obesitas, dirinya memaparkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti menerapkan pola hidup sehat. Lalu pola makan yang sehat dan gizi seimbang. Hal itu juga diimbangi dengan memperbanyak aktifitas fisik dan olah raga yang teratur.

Selanjutnya, Risky berpesan, bagi kerabat maupun teman yang mengalami obesitas hendaknya lakukan pengaturan diet rendah karbohidrat dan tinggi serat sesuai kebutuhan tubuh. “Perbanyak makan makanan berserat, seperti sayur dan buah. Lalu minum air putih sekitar 1.5-2 liter/hari. Dan lakukan aktifitas fisik atau olahraga sekitar 3 kali dalam seminggu,” paparnya. (ziz/gih)

Visitasi PPID 2022
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RSUD TUGUREJO! KAMI BERKOMITMEN MENYEDIAKAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA WEBSITE KAMI

Skip to content