RSUD Tugurejo

Provinsi Jawa Tengah

WORLD HEART DAY 29 September 2017

 photo WBK2_zpsg8tirlk8.jpg

 

Sahabat sehat,

Selamat hari jantung sedunia. World Heart Day mengusung tema “Know your heart, fuel your heart, move your heart, love your heart”. Mengenali jantung kita masing-masing sehingga pada akhirnya kita akan menyayangi jantung kita sendiri.

Mari mengenali fungsi dan kerja jantung kita, sehingga semakin menyayangi jantung kita sendiri.

    1. Jantung memompa darah melalui pembuluh darah.

Jantung dan pembuluh darah adalah dua organ yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Pembuluh darah akan mengalirkan darah menuju organ di seluruh tubuh, dan kemudian membawa lagi darah kembali ke jantung. Kita mengenal pembuluh darah nadi (arteri) dan pembuluh darah balik (vena). Bila disambung-sambung, total panjang pembuluh darah manusia rata-rata 93.000 km. Jadi pompa jantung secara sederhana mampu mengalirkan darah sejauh jarak tersebut!!

    1. Pembuluh darah koroner.

Asupan nutrisi dan suplai oksigen untuk jantung dialirkan sebagian besar melalui dua pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner kanan dan kiri berjalan dipermukaan jantung untuk terus memberikan asupan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan. Pembuluh darah ini pada manusia rata-rata berdiameter 3-5 mm, dan kemudian bercabang-cabang lagi untuk mendarahi seluruh otot jantung. Penyakit jantung koroner menunjukkan adanya kelainan pada pembuluh darah ini, sehingga suplai oksigen dan nutrisi akan berkurang dan dapat menyebabkan kerusakan jantung, bahkan kematian.

    1. Otot jantung berkontraksi secara ritmik.

Sahabat sehat, otot jantung bekerja secara ritmik dan teratur akibat cetusan listrik jantung yang keluar juga secara teratur. Kelainan listrik jantung bisa terjadi karena berbagai penyebab, kondisi ini menyebabkan penyakit jantung aritmia, dan tentu saja akan mengakibatkan pompa jantung menjadi tidak optimal.

    1. Pompa yang optimal membutuhkanisi yang optimal.

Jantung terkenal sebagai pompa darah dalam tubuh manusia, namun harus diingat bahwa fungsi pengisian jantung juga penting. Isi darah dalam jantung yang akan dipompakan harus optimal, karena kelainan fungsi pengisian jantung pada akhirnya akan mengganggu juga hasil keluaran pompa jantung.

Sahabat sehat, banyak faktor yang mempengaruhi kerja jantung sehingga dapat bekerja dengan optimal. Semoga dengan mengenal kerja jantung kita, kita akan semakin menyayangi jantung kita. Salam World Heart Day 2017.

 

Semarang, 29 September 2017

dr. Alvin Tonang, SpJP, FIHA

RSUD Tugurejo © 2017 Frontier Theme