RSUD Tugurejo

Provinsi Jawa Tengah

Amazing Heart

 photo WBK2_zpsg8tirlk8.jpg

Sahabat sehat,

Pada tanggal 29 September setiap tahunnya seluruh dunia memperingati ‘World Heart Day’ atau “Hari Jantung Sedunia”. Hari Jantung Sedunia ini diadakan untuk memberikan edukasi dan kampanye tentang jantung yang sehat.

Kita diingatkan bahwa kita semua telah dianugerahi jantung sebagai pompa sirkulasi darah yang membuat kita hidup, dan tugas kita semua masing-masing untuk menjaga jantung kita tetap sehat. Jadi, mari kita berkenalan dan mengetahui beberapa fakta-fakta menarik tentang jantung, sehingga kita semakin menyadari betapa hebatnya Jantung kita yang sudah diciptakan oleh sang Pencipta.

    1. Jantung adalah organ yang tak kenal lelah

Tahukah sahabat sehat semua bahwa jantung sudah mulai berdenyut dan mengalirkan darah semenjak kita semua di dalam kandungan, kira-kira pada minggu ke 3 sampai minggu 4 kehamilan. Setelah itu organ tersebut tidak berhenti bekerja sampai kita meninggal dunia. Rata-rata jantung manusia bekerja 80 denyutan per menit. Jadi mari kita berhitung, andaikan usia rata-rata manusia adalah 70 tahun, dan setahun 365 hari, sehari 24 jam, sejam 60 menit, dan jantung manusia bekerja 80 denyut per menit, maka jantung berdenyut 2.943.360.000 kali seumur hidup.

    1. Katup jantung membuat jantung memompa secara efektif

Seperti layaknya pompa, maka jantung juga memiliki katup atau klep untuk membuat aliran darah yang dipompa bergerak kearah yang diharapkan dan tidak bocor atau berbalik arah. Ada 4 katup jantung manusia, yakni katup aorta, mitral, pulmonal, dan tricuspid. Ketebalan katup ini secara normal “hanya” sekitar 1.5 mm. Sangat tipis, tapi juga sangat kuat!!

    1. Meski bergerak, jantung tidak luka

Organ jantung merupakan organ yang terus bergerak di dalam tubuh. Meski demikian lokasi nya tidak bergeser, dan tidak juga mengenai tulang iga yang berada disekitarnya. Hal itu karena jantung dibungkus oleh selaput jantung atau perikardium. Perikardium sendiri memiliki dua lapis, yang satu menempel langsung di jantung, yang satu di dinding dada. Diantara terdapat cairan yang seakan-akan menjadi pelumas, sehingga meskipun bergerak, jantung tidak bergesekan dengan tulang!!

Semarang, 5 September 2017

Dr. Alvin Tonang, SpJP, FIHA

RSUD Tugurejo © 2017 Frontier Theme